Book Review: Beautiful Mistake by Sefryana Khairil & Prisca Primasari

by - Thursday, June 14, 2012

 
BOOK review
Started on: June 12th 2012
Finished on: June 14th 2012

Judul Buku: Beautiful Mistake
Penulis: Sefryana Khairil dan Prisca Primasari
Penerbit: GagasMedia
Tebal: 260 hlm.
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 39.950 (www.inibuku.com)

Rating: 3,5/5

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Beautiful Mistake terdiri dari 2 cerita yang berbeda. Yang pertama berjudul "Dreamland" ditulis oleh Sefryana Khairil. Dan yang kedua yaitu "Chokoreto" oleh Prisca Primasari.

 "Aku larut dalam mimpi itu sendiri, dan tidak pernah pergi." -Nadine Almaira Kamil (Dreamland)

   Kedua cerita ini menceritakan tentang sebuah mimpi yang hendak dicapai. Meskipun dalam perjalanan meraih mimpi itu banyak keraguan, takut, dibayangi oleh masa lalu dan merasa tidak mampu, tetapi akhirnya semua itu menjadi kesalahan-kesalahan yang indah. Beautiful Mistake.

"Tuhan sudah merencanakan aku dan kamu bertemu di suatu waktu."

Let's read my review:

D R E A M L A N D
by Sefryana Khairil

"Tidak pernah ada yang tahu apa yang Tuhan mau." 

   Dreamland berkisah tentang seorang wanita (Nadine) yang sedang patah hati karena seorang pria (Dirga) yang cintanya ia tunggu selama bertahun-tahun, memutuskan untuk menikah dengan wanita lain. Untuk mengobati lukanya, Nadine Almaira Kamil, yang artinya harapan yang indah dan sempurna, pergi ke Bali ditemani kedua sahabatnya disana, Melia dan Ambar. Ternyata disana ia bertemu dengan seseorang yang bisa melupakan sakit hatinya; orang yang akan membuat hidupnya menjadi tak lagi sama.

   Orang itu seorang bartender, bernama Fajar. Nadine begitu tertarik dengan Fajar, sejak ia melihat pria itu men-juggling botol-botol minuman dengan lincah. Waktu demi waktu berlalu, keduanya menjadi semakin dekat. Fajar yang dingin secara tidak sadar mulai menyukai Nadine yang periang dan ceria. Namun, Fajar takut untuk menyadari hal itu, karena masih dibayangi oleh masa lalunya; Mia. Ia adalah mantan istri Fajar --yang sangat dicintainya-- yang telah meninggal beberapa tahun silam karena suatu penyakit. Fajar merasa ia tidak akan pernah bisa mencintai siapapun lagi, termasuk... Nadine.
 
Nadine begitu mencintai Fajar, akan tetapi ia dirundung dilema yang begitu berat di pundaknya tentang mimpinya.
Apakah Fajar mampu lepas dari masa lalunya dan meraih masa depan yang lebih baik?
"Cinta begitu sederhana, tanpa perlu alasan apa-apa. Begitu saja."
"I can't promise you to solve all your problems, but I can promise you won't have to face your problems alone."
"Berarti kita diminta untuk kuat, Jar. Untuk menghadapi masalah-masalah itu. Life is a journey, Jar. Be happy with what you get, with what you have," -Nadine.
"Karena Tuhan menginginkan begitu. Tuhan mempunyai banyak rencana, mungkin aku dan kamu ada di antara rencana-rencana-Nya."
"Saat ada seorang perempuan mencintai kamu, lihat dia, lihat ketulusannya, lihat betapa besar cintanya. Karena kita nggak tahu siapa yang kita tunggu dan membuat kita bahagia."
"Karena aku tidak sempurna, Tuhan menghadirkanmu untuk memenuhi sebagiannya."

Bagaimana kisah akhir mereka berdua? Baca selengkapnya di Dreamland.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

C H O K O R E T O
by Prisca Primasari

   Kisah Chokoreto adalah sebuah kisah manis tentang perjuangan, persahabatan, dan bahkan cinta. Mungkin terasa manis seperti segelas coklat yang dihidangkan di kafe Chokoreto :)

    Akai, atau lebih sering dipanggil Kai, adalah anak pemilik kafe coklat Chokoreto. Cerita ini dimulai dengan menceritakan kecerobohannya yang selalu memecahkan cangkir yang disayangi Ayahnya. Kemudian suatu hari Kai mendengar permainan piano tetangganya, Yuki Akihara, yang membuatnya penasaran dan mengingatkan pada masa lalunya yang pahit.

    Yuki Akihara adalah seorang yang bermimpi untuk menjadi penulis; dan saat itu ia sedang menulis cerita tentang seorang pianis. Itulah alasannya mengapa ia giat belajar piano; untuk menghayati karakter yang ia ciptakan. Namun, beberapa hal menghalangi impiannya tersebut. Membuatnya ragu untuk melangkah maju. Dan tak lama kemudian, Yuki mendapati kenyataan bahwa Kai adalah seorang pianis yang luar biasa hebat. Akan tetapi lelaki itu menyerah dan membuang jauh-jauh impiannya menjadi seorang pianis hebat; karena Ayahnya yang menderita penyakit kanker paru-paru. Kai sudah kehilangan Ibunya ketika ia masih kecil; ia tentu akan melakukan apa pun agar ia tidak kehilangan Ayahnya - meskipun itu berarti ia harus kehilangan mimpinya.

    Kai berjuang keras membantu Yuki mewujudkan impiannya menjadi penulis. Namun apakah Yuki bisa melakukan hal yang sama terhadap Kai?
Ingin tahu kelanjutannya? Baca kisah selengkapnya di Chokoreto.
 (Chokoreto dikutip dari www.thebookielooker.com) 
------------------------------------------------------------------------------------------------------
Menurutku, Sefryana Khairil lebih puitis dan bisa membuat pembaca mengerti lebih dalam tentang apa yang dialami oleh tokoh ceritanya; Nadine dan Fajar. Tetapi saat membacanya, aku dibuat kesal oleh Nadine yang seperti benar-benar telah dibutakan oleh cinta dan melakukan segalanya demi Fajar.
Tetapi, Prisca Primasari nampaknya lebih cerdas dalam mengolah cerita. Ceritanya kaya akan ilmu dan banyak pengetahuan yang berhubungan dengan alur ceritanya; tentang musik klasik, bahasa Jepang dan cokelat. Kurasa pasti ia banyak melakukan riset-riset untuk menulis Chokoreto.

Overall, aku suka buku ini, meskipun masih terdapat beberapa pengetikan yang salah. Dreamland dan Chokoreto serupa namun tak sama. Jika disuruh memilih, Dreamland atau Chokoreto? Mungkin aku akan memilih Dreamland karena aku lebih dapat feel nya ketika membacanya. Covernya bagus, ceritanya manis dan semuanya happy ending.

"Aku percaya pada pepatah bahwa kita akan selalu bersama dengan yang benar-benar kita cintai, sekeras apa pun kita menghindar." -Vesna Vasilievna (Chokoreto).

by Cindy Pricilla

You May Also Like

0 komentar